Ina Rachman Rendah Hati Memberi Layanan Hukum Kasus Perceraian | Arti Tersangka Sesuai KUHP | Qnet

By | February 26, 2020

Arti Tersangka Sesuai KUHP | Qnet – Pokok pekerjaan dari seorang pengacara adalah memberikan perlindungan serta pengetahuan terkait persoalan hukum yang ada di negeri ini. Profesi sebagai advokat juga harus mampu menjadi ujung tombak pada masyarakat. Terlebih bagi yang memiliki keterbatasan dan ketidakmampuan finansial.

Meski begitu, pengacara selalu dituntut untuk rendah hati dan melayani. Sebab, peran advokat sangat penting dan dibutuhkan untuk menegakkan keadilan hukum. Advokat harus mampu berbenah diri. Baik dari segi pengetahuan, disiplin ilmu, maupun kepribasian. Sebab, advokat merupakan profesi yang officium nobile.

ina herawati rachman tersangka Qnet

Di Asia, khususnya Indonesia, profesi ini semakin tumbuh serta berkembang. Namun, peran advokat harus lebih dekat dengan masyarakat. Advokat merupakan tantangan sekaligus kebutuhan yang tidak terlepas dari berbagi ujian.

Sikap rendah diri pengemban profesi advokat diuji apakah siap untuk melakukan kinerja tanpa diberikan bayaran?Padahal, pengacara sangat lekat dengan fee yang mahal dan kehidupan mewah yang dijalaninya. Melihat ujian ini, dapat dinilai bahwa advokat yang sejati adalah yang tidak mementingkan finansial dalam menangani kasus.

ina herawati rachman tersangka Qnet

Sangat penting untuk advokat menyeimbangkan antara kebutuhan dan tantangan agar profesi yang dijalani lebih ikhlas dan tulus. Sehingga, kebutuhan dan tantangan menjadi panggilan hati nurani untuk sesama.

Bagi kaum awam, banyak muncul pertanyaan apakah advokat sekaliber Ina Rachman serta nama idealis lain menjalankan profesi ini tanpa tantangan? Justru sifat rendah hati seorang pengacara saat ini benar-benar diuji. Terlebih saat menghadapi kasus hukum yang terlalu mengusik nurani.

ina herawati rachman tersangka Qnet

Kiprah seorang advokat harus dijalankan untuk kepentingan masyarakat, bangsa, serta negara. Lebih penting lagi jika advokat harus melayani orang-orang yang lebih membutuhkan.

Ina Rachman dan Layanan Hukum Gratis

Menilik kesuksesan yang telah dicapainya. Rasanya tidak akan percaya jika sosok Ina Rachman memiliki sikap peduli yang besar. Bahkan, untuk setiap menangani kasus, Ina bisa mendapatkan sebuah mobil Mercy S Class. Dalam artian, fee yang diterimanya sudah begitu tinggi.

ina herawati rachman tersangka Qnet

Namun, Ina memberikan layanan hukum gratis untuk perempuan yang sedang dalam masa perceraian. Ina tak banyak alasan. Baginya, perceraian adalah musibah, tidak ada seorang pun yang ingin menjalankannya. Sehingga, ada bagian dari profesinya yang ia gunakan untuk mengabdi.

Sepeser pun uang tidak ia terima untuk kasus perceraian. Ia tidak memandang siapapun dan dari kalangan mana pun, perempuan berjilbab ini siap untuk memberi bantuan hukum.

Sikap rendah hatinya membuktikan bahwa masih ada advokat yang hanya mementingkan uang dalam memberikan pelayanan hukum. Melainkan juga menyeimbangkan diri dengan berbagai bantuan sosial. Dengan begitu, kinerja seorang advokat lebih berdasar pada keadilan, kebenaran, kepedulian, dan kemanusiaan.

Jika tolak ukur seorang advokat hanya lah materi, maka tidak berarti lagi pengkaderan dan pembelaan dari kalangan lawyer. Sebab, yang menentukan adalah uang. Untuk itu, Ina menggebrak stigma bahwa semua advokat melakukan kinerja hanya untuk orang-orang yang kaya saja.

Tak Senang Pamer Kekayaan

Selain memiliki kepedulian sosial yang tinggi, Ina Rachman juga dianggap sebagai advokat yang tidak suka pamer kekayaan. Sikap rendah hatinya memang tidak perlu diragukan lagi. Saat banyak pengacara yang berlomba memamerkan barang mewah dan harta berlimpah di postingan IG-nya, Ina justru memilih hal yang berbeda.

Pemilik dari firma hukum Maestro Patent International ini merupakan orang yang tidak senang memperlihatkan kemewahannya. Sederet mobil mewah di halaman rumahnya hanya dijadikan sebagai simbol perempuan yang mandiri. Ia pun hanya menggunakan mobil mewah untuk acara-acara khusus saja.

Berbeda dengan trend advokat yang kerap memamerkan mobil sport seharga miliaran rupiah, Ina memiliki mobil mewah sekadar untuk menunjang penampilan. Kerendahan hatinya juga tampak dari postingan di IG yang lebih membagikan aktivitas sehari-hari, kegiatan islami, hingga kebersamaan dengan sahabatnya.

Feed Instagramnya jauh dari barang-barang mewah dan pamer masalah keduniawian. Sosok Ina memang beda dengan advokat lainnya. Ia lebih senang berbagai termasuk kepada masyarakat yang membutuhkan selain dengan bantuan hukum.

Ia juga merupakan sosok yang kerap memberi bantuan dalam bentuk materi pada anak yatim, korban bencana, hingga pasien yang membutuhkan. Muda, berkarya, dan peduli pada sesama adalah advokat yang layak untuk meneruskan perjuangan menegakkan keadilan di Indonesia.

Share