Ina Rachman Legal Consulting Profesional Tangani Kasus Selebriti | Tersangka Sesuai KUHP | Qnet

By | February 26, 2020

Arti Tersangka Sesuai KUHP | Qnet | Selebritis memiliki kehidupan yang selalu disorot oleh publik. Baik atau buruknya, selebriti tak pernah luput dari perhatian masyarakat. Bahkan, kasus hukumnya pun tak luput dari konsumsi publik. Sebab, selebriti adalah milik masyarakat luas yang ingin mengetahui bagaimana kesehariannya.

Saat seorang artis harus berhadapan dengan hukum (termasuk untuk perkara pidana, perdata, maupun agama), mala mereka cenderung memilih legal consulting service yang sudah biasa menangani kasus tokoh publik. Sebab, ada rambu yang harus dipegang untuk menjadi kuasa hukum seorang artis.

ina rachman qnet

Untuk menangani kasus artis dengan orang biasa tentu harus berbeda. Dalam hal ini, Anda dapat belajar dari seorang pengacara kondang Ina Rachman. Ia bukan satu atau dua kali menjadi pendamping untuk kasus hukum para selebritis.

Dilansir dari Tempo.co, Ina menyampaikan beberapa aturan dalam dunia legal consulting service saat menangani kasus klien selebritis. Termasuk ketika memberi penyataan pada publik ataupun dalam persidangan. Rambu-rambu tersebut akan dijabarkan lebih lanjut pada ulasan di bawah ini:

ina rachman qnet

  1. Menjaga Performance

Menjadi kuasa hukum artis, Ina tidak boleh sembarangan dalam berpenampilan. Perempuan yang pernah mendampingi kasus hukum Risty Tagor ini sangat menjaga penampilan untuk profesionalitasnya.

Ina mengungkapkan, “kalau datang ke pengadilan pakai sandal jepit atau enggak dandan dibilang stress karena kasus, padahal Cuma karena malas dandan.” Berbeda ketika Ina menjadi pengacara untuk orang biasa, tampil sebaik apapun tidak akan ada orang yang memedulikannya.

ina rachman qnet

  1. Pandai Membawa Diri

Pengacara selebritis harus lebih pandai dalam membawa diri. Sebab, jika tidak berhati-hati dalam berbicara maupun bersikap, maka akan menjadi bumerang bagi kliennya. Sebab, yang menjadi hakim bukan hanya di pengadilan saja. Melainkan juga masyarakat luas yang menilainya.

Dalam hal ini, seorang kuasa hukum harus memiliki kondisi mental dan fisik yang seimbang. Tanpa adanya keseimbangan fisik dan mental, pengacara artis tidak akan mampu menghadapi kasus dengan maksimal. Pun, pengacara akan selalu dicecar pertanyaan oleh wartawan media.

ina rachman qnet

  1. Melakukan Kesepakatan dengan Klien

Kasus selebritis dan orang penting memang cukup menguras tenaga. Sebab, tidak hanya menghadapi pengadilan saja, kuasa hukum juga harus menghadapi media serta masyarakat.

Untuk itu, salah satu rambu bagi legal consulting service selebriti adalah melakukan kesepakatan lebih detail dengan klien. Ina mengungkapkan bahwa pengacara harus menjaga prinsip kerahasiaan dokumen dan juga pengakuan.

Kontrak untuk klien umum dengan orang yang berkecimpung di industri hiburan juga berbeda. Pada industri hiburan, kontrak perlu dibuat dengan sedetail mungkin. Biasanya, pengacara harus mengatur pula hal yang sifatnya teknis.

  1. Dapat Memberikan Argumen Secara Sempurna

Saat terlibat dalam diskusi, pengacara artis harus mampu mempelajari topik dengan sebaik mungkin. Jika sudah, maka pengacara harus memberikan argumen yang valid disertai dengan data dan fakta.

Pengacara artis juga harus persuasif menyajikan kasus. Sehingga klien akan mendapat posisi dan membantah hal yang tidak sesuai dengan fakta.

  1. Memantau Perkembangan Industri Hiburan Tanah Air

Industri hiburan tanah air selalu berkembang dan berubah dari waktu ke waktu. Seorang pengacara spesialis selebriti harus mengetaui banyak hal yang terjadi di dunia hiburan di masa lalu. Dengan begitu, pengacara bisa mengetahui efek yang ditimbulkan dari argumen yang akan diberikannya di pengadilan maupun di depan media.

  1. Mengetahui do and don’t’s-nya

Legal consulting service yang diberikan pada klien yang merupakan kalangan artis cukup rumit. Yang mana ada do and don’ts yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Pengacara harus mengetahui hal ini.

Ada beberapa pengakuan yang boleh diberikan pada masyarakat luas dan ada juga dokumen yang boleh diberitahukan pada media. Hal ini perlu dipahami karena kuasa hukum akan menjadi wakil dalam memberikan pernyataan di persidangan dan media.

Ina Rachman merupakan managing director di kantor advokat Ina Rachman-Mulyaharja & Associates. Sudah dua puluh tahun lamanya perempuan ini melakukan pekerjaannya secara profesional di bidang hukum. Jam terbang dalam menangani kasus hukum di berbagai bidang sudah sangat tinggi. Klien-nya meliputi masyarakat umum, tokoh penting negara, hingga perusahaan dalam negeri dan perusahaan asing.

Menangani kasus artis bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Sehingga, dibutuhkan pengacara yang telah profesional yang mengetahui berbagai rambu dalam dunia hiburan.

Sumber: https://cantik.tempo.co/read/871344/rambu-pengacara-yang-pegang-kasus-selebritas/full&view=ok

Share